Kejaksaan Tetapkan Kades Mola Bahari Sebagai Tersangka

Thursday, 20 October 2016 03:09

Kejaksaan Negeri Wakatobi resmi menetapkan Kepala Desa (Kades) MOla Bahari sebagai tersangka atas tindak pidana korupsi alokasi dana desa dan Dana Desa pada tahun 2015.

Kasi intel Kejari Wakatobi, Dwinanto Agung Wibowo menegaskan, MI ditetapkan tersangka pada 22 September lalu. Berdasarkan hasil penyidikan pihak Kejari Wakatobi, tersangka MI diketahui merugikan negara hingga ratusan juta rupiah.

Kerugian negara kata Dwi, jumlah belum dia pastikan yang diketahuinya. Sebab, pihaknya beberapa waktu lalu baru meminta perbantuan ahli dari Dinas PU Wakatobi untuk melakukan penghitungan fisik secara tehnik.

Rencananya, hasil perhitungan kerugian negara akan diserahkan pada Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi (BPKP).

"Dalam waktu dekat BPKP akan turun lapangan untuk menetapkan hasil kerugian," ungkapnya, Rabu (28/9).

Selama proses berlanjut, tersangka meminta didampingi pengacaranya. Dan untuk sementara ini baru satu tersangka yang ditetapkan, Namun dalam kasus ini Dwi pastikan kemungkinan besar akan ada lagi tersangka lain, setelah memeriksa satu saksi yang menangani pengadaan perahu berinisial (A) seperti yang dilaporkan warga.

" Kemungkinan besar ada tersangka lain. Tapi semua tergantung keterangan saksi yang hingga kini belum diperiksa," tegasnya.

Atas perbuatannya, MI dijerat dengan pasal 2 ayat (1) UU nomor 31 tahun 1999 tentang perbuatan tindak pidana korupsi, Jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan dari UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, Juncto Pasal 55 (1) KUHP dengan ancaman minimal 4 tahun kurungan penjara dan maksimal 20 tahun penjara. Serta subsider Pasal 3 dengan bunyi yang sama, ancaman kurungan minimal 1 tahun penjara.

SUmber: sultraklik.com
Penulis :Nuriaman

Editor : Amad

Rate this item
(1 Vote)
Read 95 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Find us on Facebook

Foto Galeri

showshowshowshowshowshow

Kontak

Jalan....................
.................................................
..............................................

123 456 789